Jumat, 11 Januari 2013

Macam macam Thawaf Ada 4


Tawaf ada 4 macam, yaitu :
1. Thawaf Qudum,
2. Thawaf Ifadhah
3. Thawaf Sunnah
4. Thawaf Nadzar
5. Thawaf Wada'

Thawaf artinya: 
Mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali di mana posisi Ka’bah berada di sebelah kiri jama’ah. Diawali dan diakhiri sejajar dan searah dengan Hajar Aswad. Karena posisi Ka’bah berada di sebelah kiri jama’ah, berarti orang yang thawaf berputar (mengelilingi) Ka’bah pada posisi berlawanan arah jarum jam.

1. Thawaf Qudum ialah: thawaf selamat datang, yang dikerjakan ketika baru datang di kota Mekah bilamana tidak dikerjakan hajinya tetap sah, karana hukumnya sunnah.

2. Tawaf Ifadhah ialah: tawaf yang termasuk rukun haji, bilamana tidak dikerjakan maka hajinya tidak sah karana hukumnya wajib.

3. Tawaf sunah ialah, tawaf yang bila dikerjakan mendapat pahala dan bila tidak dikerjakan tidak berdosa.

4. Thawaf Nadzar ialah, Thawaf yang dilakukan karena punya nadzar

5. Tawaf wada' ialah: sebagai tawaf pamitan, (tawaf selamat tinggal ) tawaf yang dikerjakan ketika akan meninggalkan kota Mekah, sedangkan hukumnya wajib, jika tidak mengerjakan maka harus membayar Dam.

Bagi jama’ah yang belum melakukannya, belum boleh meninggalkan Mekah,

Bila yang sudah mengerjakan maka tidak dibenarkan lagi tinggal di Masjidil Haram.

Adapun tata cara Thawaf Wada' sbb:
a. Tawaf wada dilakukan sesaat sebelum  meninggalkan makkah.
b. Sama seperti tawaf umroh, tawaf wadajuga dilakukan sebanyak 7 putaran, mulai dari hajar aswad dan berakhir dihajar aswad pula
c. Yang membedakan antara Tawaf wada dengan tawaf umroh adalah niatnya. 
d. Tawaf wada tidak menggunakan ihram. Tapi tetap harus dalam keadaan wudlu
e. Bacaan dalam tawaf wada sama dengan bacaan tawaf lainnya. 
f. Setelah selesai tawaf, sangat dianjurkan untuk berdoa di depan multazam. Pada intinya, doa yang diucapkan berisi antra lain, mohon ampunan dari allah, bersyukur kepada allah bahwasanya kita sudah diberi kesempatan mengunjungi rumahnya, memohon kepada allah agar kunjungan kita ini bukan kunjungan yang terakhir dan kita mohon agar diundang lagi oleh-nya. Kita juga dapat berdoa agar allah juga mengundang keluarga, sahabat, kenalan kita yang lain. Akhirnya kita mohon agar diberi keselamatan di perjalanan hingga sampai dirumah lagi. 
g. Selesai berdoa, langsung kita keluar dari mesjid haram dan jika dapat, tidak usah lagi menoleh kebelakang. 
h. Setelah tawaf wada, tidak boleh lagi melakukan aktifitas yang “berat” seperti misalnya belanja lagi, atau tidur lagi di hotel atau bahkan masuk lagi ke mesjid haram. 
i. Bagi wanita yang sedang haid dan tidak/belum berhenti, karena tidak bisa masuk mesjid, dianjurkan agar berdiri dihalaman mesjid dan usahakan melihat kaabah dari luar, kemudian  membacado’a. Untuk ini mintalah diantar oleh pembimbing atau mutawif.

    7 komentar: